Cara mengatasi hidung mampet sebagian


Tidak bisa dipungkiri lagi, hidung tersumbat merupakan masalah yang tidak bisa dianggap sepele, selain sangat menyiksa, hidung tersumbat sebagian membuat nafas kita terasa tersendat.
Flu  terjadi karena virus menyerang sistem pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kondisi ini juga memungkinkan hidung sobat tersumbat. Ada beberapa cara untuk menghilangkan hidung tersumbat tanpa mengkonsumsi obat :
  1. Menghirup uap hangat, uap hangat dapat dihasilkan dari air panas, masukan air panas kedalam panci, namun harus diperhatikan, menghirup uap hangat diatas air panas dengan jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan hidung melepuh, so kalian harus hati-hati ya.
  2. Kompres diatas hidung menggunakan air hangat, caranya cukup mudah, masukan air hangat kedalam mangkuk atau baskom kecil, kemudian rendam handuk kecil kedalam air hangat, setelah itu tempelkan di atas hidung, cara ini dapat meredakan hidung tersumbat.
  3. Banyak mengkonsumsi air putih, jika hidung sobat merasakan tersumbat dalam beberapa hari, mungkin salah satu faktor penyebabnya sobat kurang banyak mengkonsumsi air putih.
  4. Konsumsi minuman hangat, selain meredakan hidung tersumbat, mengkonsumsi minuman hangat juga dapat menghangatkan tubuh sobat, minuman hangat contohnya seperti bandrek, bajigur, dan lainnya.
  5. Berbaring kemudian miringkan badan, cara kelima yaitu cukup mudah, sobat hanya perlu berbaring, kemudian miringkan badan sobat, bila hidung sebelah kanan yang tersumbat, miringkanlah badan sobat ke arah kiri, begitupun sebaliknya.
  6. Cara terakhir yaitu dengan Mengkonsumsi makan-makanan pedas, makanan pedas pada dasarnya dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, oleh karena itu dengan mengkonsumsi makanan pedas, dapat menanggulangi penumpukan ingus sobat.
Nah itu beberapa cara mudah untuk mengatasi hidung tersumbat, semoga bermanfaat sobat TutorTeritorial! :)